Implementasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) Studi pada PT. Semen Gresik, di Desa Tlogopatut, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik

Authors

  • Tawang Kinanti 0710010025

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan proses perencanaan program Corporate Social Responsbility PT. Semen Gresik dan Mengetahui implementasi CSR yang dijalankan PT. Semen Gresik di Desa Tlogopatut. Asumsi awal pada penelitian  ini  terangkum  pada rumusan permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana proses dalam perencanaan program Corporate Social Responsbility PT. Semen Gresik di Desa Tlogopatut? (2) Bagaimana implementasi CSR yang dijalankan PT. Semen Gresik di Desa Tlogopatut?

Penelitian ini menggunakan teori atau konsep yang dikemukakan oleh Elkington, yaitu Tripple Bottom Line, yang terdiri dari 3 unsur, yaitu profit, plannet, & people. Ketiga unsur tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, dengan bentuk hubungan timbal balik yang sinergis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif   dengan  pendekatan studi kasus.  Jenis kualitatif dipilih dalam penelitian ini karena sifat penelitian yang menyeluruh dan deskriptif. Yakni, menggambarkan secara mendalam tentang situasi dan proses yang diteliti sehingga rumusan masalah yang ditentukan akan terjawab.

Hasil  dari  penelitian  menunjukkan  bahwa  dalam membentuk program-programnya, CSR PT. Semen Gresik melibatkan stakeholders, yaitu masyarakat serta konsultan. Dimana program-program tersebut telah mewakili ketiga unsur Tripple Bottom Line. Namun demikian, dalam implementasinya lebih mengarah pada charity, serta belum benar-benar memiliki hubungan timbal balik antara satu dengan yang lainnya, sehingga belum tercipta hubungan yang sinergis.

 

Kata Kunci: Proses & perencanaan CSR, Implementasi CSR

Downloads

Published

2014-09-09

Issue

Section

Articles